UNIVERSITAS ASAHAN
Bersama Meraih Masa Depan

UNIVERSITAS ASAHAN LEPAS MAHASISWA PROGRAM PMM ANGKATAN 4 DAN SAMBUT ANGKATAN 3, INI DAFTAR NAMANYA

UNIVERSITAS ASAHAN LEPAS MAHASISWA PROGRAM PMM ANGKATAN 4 DAN SAMBUT ANGKATAN 3, INI DAFTAR NAMANYA

KISARAN- Dalam rangka memberikan semangat dan dukungan kepada mahasiswa atas prestasi yang diraih, Universitas Asahan (UNA) menggelar pelepasan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 dan penyambutan mahasiswa program PMM Angkatan 3 Tahun 2023, pada Selasa (23/1/2024) kemarin di Gedung Zulfirman Siregar-Kampus setempat.

Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Drs. Bambang Gulyanto, S.H., M.Pd, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Abdul Rahman, M.Pd., M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir. Ansoruddin, M.P, Para Dekan, Ketua Prodi, Para Kepala Sekolah SMA/MA/SMK dan Para Orangtua serta mahasiswa MBKM.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir. Ansoruddin, M.P dalam sambutannya mengatakan, Selamat datang kepada para tamu undangan terutama khusus kepada orangtua mahasiswa yang sengaja kami undang, untuk hadir bersama kita disini dalam rangka memberikan semangat dan dukungan kepada mahasiwa kita sebagai bentuk syukur kita atas prestasi mereka sehingga perhatian Bapak/ibu menjadi semangat bagi mereka.

UNA setiap tahunnya selalu ikut dalam kegiatan-kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak program ini dicanang oleh pemerintah.

“Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 26 orang mahasiswa UNA yang mengikuti kegiatan PMM Angkatan 4 disekitar 17 perguruan tinggi di Indonesia,” ujarnya.

Lanjutnya, mahasiswa UNA yang lulus seleksi program PMM ini, selama satu semester akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi seperti di Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, Universitas Djuanda, Universitas Mataram, Universitas Siliwangi, Universitas Tidar, Universitas Fajar, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Universitas Amikom Yogyakarta, IKIP Budi Utomo dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

“Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa, artinya masyarakat kita walaupun tinggal di desa bisa bersaing dan nanti akan sama-sama kuliah dengan mahasiswa terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan seperti ini hendaknya kita dukung semua pihak dari kampus dan juga dari pihak orangtua mahasiswa. Dan hari ini juga, kita akan melepas sebanyak sekitar 32 orang mahasiswa yang mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 7. Mereka nanti akan ditempatkan diberbagai sekolah untuk melakukan pendidikan dan pengajaran.

Tak lupa, beliau mengucapkan selamat datang kembali mahasiswa yang baru selesai program PMM Angkatan 3 ke kampus UNA untuk bisa menularkan praktek baik yang anda terima selama di kampus-kampus tempat anda kemaren itu kuliah sebagai pembanding bagi kita.

Dan juga, kita akan melepas sebanyak 5 mahasiswa UNA yang mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) diantaranya Iqbal Irawan dari Fakultas Pertanian di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Rokan Hilir (Riau), Wulan Adeliani dari Fakultas Ekonomi di Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Surabaya, Novita Indriani dari Fakultas Manajemen di LLDIKTI Wilayah XIII Banda Aceh, Rifqah Anisa Heni Nst dari Fakultas Hukum di Pengadaan tanah dan Pengendalian ROW-PLN UIP SBU dan Eka Rizky Ananda Sitorus Fakultas teknik di PT. Revolusi Cita Edukasi.

Ia berpesan bagi mahasiswa yang mengikuti program PMM dan Magang Bersertifikat, jaga nama baik almamater kampus, menimba ilmu sebaik mungkin, berkerja profesional dan nanti waktu kembali jangan lupa untuk bisa menularkan ilmu yang didapat kepada mahasiswa UNA serta mempromosikan kampus UNA kepada khalayak ramai.

“Semoga kiranya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa kita support bersama-sama, untuk kedepannya kita bisa kembangkan lagi karena keikutsertaan kita dalam kegiatan MBKM menjadi salah satu point dalam mengisi borang akreditasi perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Drs. Bambang Gulyanto, S.H., M.Pd mengungkapkan kami civitas akademika UNA mengucapkan terima kasih kepada orangtua mahasiswa, yang mana Bapak/Ibu telah mempercayakan anaknya untuk kami didik di UNA sebagai mahasiswa dikarenakan mereka telah membanggakan dan mengharumkan nama kampus atas prestasi yang diraihnya dalam kegiatan MBKM.

PMM adalah kesempatan langka bagi mahasiswa untuk merasakan perbedaan dari berbagai latar belakang dan budaya yang ada di seluruh nusantara.

Beliau menekankan bahwa perbedaan merupakan kekayaan bangsa Indonesia, dan pemahaman terhadap beragam budaya dapat meningkatkan persaudaraan yang lebih kuat di antara mahasiswa.

“Peserta PMM merupakan duta-duta yang akan memberikan pengaruh di bidang akademik dan mahasiswa PMM tidak boleh berhenti meningkatkan kemampuan yang dimiliki,” ungkapnya.

Ia menambahkan, semester depan UNA akan mengirimkan mahasiswanya untuk kuliah dan dosennya mengajar ke perguruan tinggi di Mindanao (Philipina Selatan) dan 2 orang mahasiswa dari perguruan tinggi di Mindanao (Philipina Selatan) sudah mendaftarkan diri ke UNA dalam pertukaran mahasiswa untuk kuliah 1 semester di UNA pada Prodi Bahasa Inggris dan Prodi Ilmu Hukum.

“Kita akan terus mencoba menjajaki bagaimana supaya mahasiswa UNA bisa bersaing secara global baik itu kawasan Nusantara maupun kawasan Asia Tenggara,” ucapnya.

Iapun berpesan kepada Orangtua mahasiswa sampaikan kabar baik ini kepada masyarakat sekitar, bahwa mengkuliahkan anak di UNA menjadi suatu kebanggaan jangan dianggap ini sesuatu hal yang kecil.

Kemudian, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd dalam sambutannya atas nama Pengurus Yayasan UNA tentu saja kami merasa ini adalah surprise suatu kebanggaan karena banyak mahasiswa UNA yang memiliki wawasan baik sehingga bisa lulus atau bersaing dengan mahasiswa lain se-Indonesia untuk mengikuti program MBKM seperti PMM dan MSIB yang sangat selektif.

“Alhamdulillah, ini merupakan hasil torehan yang sangat membanggakan bagi kampus UNA, karena mahasiswa UNA lulus PMM Angkatan 4 dan kuliah 1 semester di kampus besar di Nusantara,” ujarnya.

Beliau berharap mahasiswa agar dapat menjaga nama baik Universitas dan jaga kesehatan serta setelah pulang nanti dari sana dapat menularkan ilmu-ilmu yang didapat dan atmosfer yang ada disana kepada adik-adik mahasiswa.

Kegiatan tersebut ditutup dengan Talkshow Motivasi Pendidikan dengan mengangkat tema “Sinergi Pendidikan di Era Merdeka Belajar Kampus merdeka (MBKM)” yang sebagai narasumber Khairunnisa Harahap, S.Pd., M.Pd.

Kabar Sekolah Lainnya