UNIVERSITAS ASAHAN
Bersama Meraih Masa Depan

UNA, USU, UMSU JADI PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA UTARA RAIH PENGHARGAAN PADA ANUGERAH ABDIDAYA ORMAWA 2023

UNA, USU, UMSU JADI PERGURUAN TINGGI DI SUMATERA UTARA RAIH PENGHARGAAN PADA ANUGERAH ABDIDAYA ORMAWA 2023

KISARAN-Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Asahan berhasil meraih Mendali Perunggu sebagai Tim Pelaksana Terbaik 3 Kategori Strategi Pemberdayaan Paling Berkualitas pada Ajang Nasional, Abdidaya Ormawa 2023 di Universitas Jember, Provinsi Jawa Timur.

Pada Ajang tersebut, hanya 3 perguruan tinggi di Sumatera Utara yang meraih penghargaan diantaranya yaitu : Universitas Asahan (UNA), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) perguruan tinggi di Sumatera Utara yang meraih penghargaan pada anugerah Abdidaya Ormawa 2023.

Abdidaya Ormawa 2023 merupakan Ajang Kompetisi tertinggi bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal 7-9 Desember 2023 di Universitas Jember. Abdidaya ormawa merupakan ajang bergengsi yang melibatkan penyeleksian dari 660 sekian subproposal.

Kegiatan ini, diikuti para tim terbaik Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) se-Indonesia, yakni 160 Tim PPK Ormawa, 79 Perguruan Tinggi, 60 Dosen Pembimbing dan 9 Mitra PPK Ormawa.

Pada moment itu, Universitas Asahan berhasil meloloskan 1 tim kebanggaan yakni Tim PPK Ormawa HMPS FKIP Universitas Asahan dengan mengangkat Topik “Pemberdayaan Masyarakat Desa Air Genting untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Pendidikan Desa Berkualitas melalui Program Smart Desa Literasi”.

Acara tahunan tersebut, berlangsung meriah dan sukses diisi dengan berbagai kegiatan sejak malam pembukaan, stand expo PPK Ormawa, semiloka, sarasehan, dan malam puncak penganugerahan yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Dalam penilaian oleh tim reviewer Ditjen Dikti terdapat beberapa bidang, seperti perguruan tinggi, Ormawa, tim pelaksana, dosen pendamping dan mitra dengan beberapa kategori serta unsur penilaian masing-masing.

“Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir. Ansoruddin, M.P menyambut gembira atas capaian ini, karena menambah daftar mahasiswa Universitas Asahan yang berprestasi dan mengharumkan nama kampus Universitas Asahan. Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi yang baik antara Pimpinan Universitas, UPT. PKM, Biro kemahasiswaan, para dosen pendamping dan mahasiswa yang terus menggelorakan semangat kompetisi dan budaya prestasi di lingkungan kampus.

“Abdidaya Ormawa 2023 ini, hanya 3 perguruan tinggi di Sumatera Utara yang mendapatkan penganugrahan diantaranya Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Asahan (UNA)”, ucapnya.

Lanjutnya, prestasi tersebut tidak lepas dari kerja keras mahasiswa dan Anil Hakim Syofra selaku dosen pembimbing yang turut mengarahkan program yang berlangsung selama ini serta dukungan Pengurus Yayasan, Pimpinan Universitas Asahan dan Pemerintahan Desa Air Genting yang sangat luar biasa.

“Baginya, ini adalah capaian fantastis. Tentu sangat membanggakan nama kampus kita tercinta. Terkhusus, dukungan dari Bapak Rektor dan Ketua Yayasan Universitas Asahan yang luar biasa selama ini dalam rangka menyukseskan kegiatan kemahasiswaan,” ungkapnya.

Ia bertekad akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Ormawa di Universitas Asahan sebagai salah satu wadah peningkatan soft skills mahasiswa guna mewujudkan mahasiswa yang berakhlak dan berkompetensi.

Sementara itu, Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si memberikan apresiasi kepada Tim PPK Ormawa HMPS FKIP Universitas Asahan yang telah berjuang dalam kompetisi Abdidaya Ormawa 2023.

“Alhamdulillah, ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa dan ditorehkan oleh PPK Ormawa HMPS FKIP Universitas Asahan di ajang tingkat nasional. Saya memberikan apresiasi setinggi-tinggi atas capaian prestasi yang sangat membanggakan ini,” tuturnya.

Beliau berharap semoga dengan prestasi ini, di tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi, lebih banyak lagi tim PPK Ormawa Universitas Asahan yang lolos ke pendanaan Direktorat Belmawa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemudian, Ketua Pengurus Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, M.Pd berharap prestasi gemilang ini menjadi motivasi bagi Universitas Asahan untuk terus mengutamakan pembinaan dan pengembangan potensi mahasiswa.

Universitas Asahan terus berkomitmen untuk terus menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan berwawasan luas, sehingga mahasiswa dapat berkembang secara optimal serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, nusa dan bangsa.

Sedangkan, Anil Hakim Syofra, S.Pd., M.Si selaku dosen pendamping menuturkan kebanggaannya atas capaian yang diperoleh Tim PPK Ormawa HMPS FKIP Universitas Asahan dalam Abdidaya Ormawa 2023. Dirinya mengaku kedepan akan lebih mematangkan persiapan agar bisa memperoleh medali yang lebih banyak lagi.

“Luar biasa perjuangan mahasiswa PPK Ormawa HMPS FKIP Universitas Asahan yang didukung oleh Bapak Jaroddi, SE, M.M selaku Pemerintahan Air Genting, Karang Taruna Harapan Air Genting dan PPKB Air Genting. Kalian telah memberikan bukti dengan meraih mendali perunggu sebagai Tim Pelaksana Terbaik 3 Kategori Strategi Pemberdayaan Paling Berkualitas pada Ajang Nasional, Abdidaya Ormawa 2023 di Universitas Jember dari 160 tim pelaksana yang ikut berkompetisi,” ujarnya.

Naimah Ahmad selaku Ketua Tim menyampaikan kesan harunya karena mampu lolos ke ajang nasional penganugerahan Abdidaya Ormawa 2023 dan bisa menorehkan prestasi yang luar biasa dengan meraih mendali perunggu sebagai Tim Pelaksana Terbaik 3 Kategori Strategi Pemberdayaan Paling Berkualitas.

“Sebuah perjuangan yang berbuah manis, Alhamdulillah atas niat, kerja keras dan semangat dari tim sehingga kami bisa memberikan raihan tersebut,” tutupnya.

Kabar Sekolah Lainnya