UNIVERSITAS ASAHAN
Bersama Meraih Masa Depan

UNIVERSITAS ASAHAN GELAR BIMTEK SISTER CLOUD DAN FGD KULTUR JARINGAN

UNIVERSITAS ASAHAN GELAR BIMTEK SISTER CLOUD DAN FGD KULTUR JARINGAN

KISARAN-Universitas Asahan (UNA) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (Sister) versi Cloud dan Focus Group Discussion (FGD) Kultur Jaringan pada tanaman pisang, pada Selasa (30/01/2024) kemarin di Gedung Zulfirman Siregar-Kampus setempat.

Kegiatan ini, turut dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Sekretaris Yayasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si, Wakil Rektor II Bidang administrasi dan Keuangan Abdul Rahman, M.Pd., M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Ir. Ansoruddin, M.P, Dekan Fakultas Teknik Amir Hamzah, S.T., M.T, Dekan Fakultas Pertanian Safruddin, S.P., M.MA, Dekan Fakultas Ekonomi Hadi Suriono, S.E., M.M, Dekan Fakultas Hukum Assoc. Prof. Dr. Bahmid, S.H., M.Kn, dan Para Undangan serta Para Dosen UNA.

Sebagai narasumber pada bimtek versi cloud yaitu Assoc. Prof. Dr. Darwis Manalu, M.Kom (LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara) dan Suhendra, S.Kom (LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara), sedangkan narasumber pada FGD kultur jaringan yakni Prof. Dr. Suswati, M.P (Guru Besar UMA).

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua Pengurus Yayasan UNA yang sudah menginisiasi kegiatan ini.
“Semoga semua dosen yang diundang serius mengikuti kegiatan bimtek ini guna diperlancar pelaporan BKD,” ujarnya.

Lanjutnya, Kegiatan tersebut diikuti oleh 132 dosen tetap yayasan UNA yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang Sister versi Cloud kepada seluruh dosen yang sudah sertifikasi maupun yang belum sertifikasi di lingkungan UNA.

Hal ini bertujuan agar dosen mengetahui salah satu aplikasi yang sangat penting untuk menunjang data tri darma perguruan tinggi.

Sehingga kegiatan ini diharapkan akan membantu efektivitas implementasi pengelolaan SISTER versi Cloud di lingkungan UNA.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd dalam sambutannya atas nama pengurus Yayasan UNA sebagai penyelenggara mengucapkan Selamat datang kepada para hadirin sekalian, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D beserta rombongan dan para narasumber di kampus UNA untuk mengikuti 2 rangkaian kegiatan diantaranya Bimtek Sister Cloud dan FGD Kultur Jaringan pada Pisang.

“Semoga dengan dilaksanakannya 2 kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Kami berharap bahwa Bapak/Ibu serius mengikuti kegiatan ini, karena bermanfaat secara pribadi bagi Bapak/Ibu sekalian, khusus bagi Fakultas Pertanian UNA dan beberapa dosen yang diundang untuk mengikuti FGD supaya serius juga untuk menimba ilmu, informasi apa yang akan disampaikan narasumber.

Lanjutnya, karena hasil bincang-bincang kami dengan Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu, menjadi latar belakang pertemuan kita pada pagi hari ini bahwa pengembangan pembibitan pisang melalui metode kultur jaringan ini sangat bermanfaat tidak saja dari sisi ilmu dosen-dosen kita pada Fakultas Pertanian UNA, tapi juga secara bisnis dan punya peluang yang sangat luar biasa.

“Mudah-mudahan melalui Fakultas Pertanian UNA, kita bisa kembangkan nanti pembibitan pisang melalui metode kultur jaringan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan,” tuturnya.

Kemudian, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan Bapak/Ibu yang sudah menjadi dosen. berkewajiban Bapak/Ibu dosen untuk memastikan seluruh aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi dan penunjang harus terletak/terekam di Sister Cloud.

SISTER versi Cloud, yang menjadi fokus utama kegiatan ini, telah menghadirkan solusi revolusioner dalam pengelolaan sumber daya pada Pendidikan Tinggi. Lebih dari sekadar alat teknologi baru, SISTER versi Cloud memiliki fungsi strategis dalam mengintegrasikan data dosen dengan berbagai akun lainnya, termasuk SINTA, SIAKAD, dan BKD, dengan cara yang efisien dan terintegrasi.

Dilansir dari laman dikti kemendikbud, SISTER versi cloud ini menghadirkan tiga keunggulan utama, yaitu platform yang lebih tersentralisasi, sinkronisasi data secara otomatis, dan peningkatan keandalan sistem.

Keunggulan tersebut sangat penting dalam meringankan aktivitas layanan dosen, di antaranya Layanan Perubahan Data Dosen (PDD), Layanan Beban Kerja Dosen (BKD), dan Layanan Sertifikasi Dosen (Serdos). Dengan terobosan terbaru ini, tentu dapat meminimalisir beban administrasi dosen dan meningkatkan efisiensi kerja dosen.

Selesai kegiatan bimtek dan fgd, para pengurus Yayasan UNA, Rektor, Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara beserta rombongan acara dilangsungkan dengan meninjau lahan yang akan dijadikan pengembangan bibit pisang dengan metode kultur jaringan bersama-sama.

Kabar Sekolah Lainnya